BERBAGI PENGALAMAN CBT

Diposting pada: 2017-05-17, oleh : Admin MAN 20 Jakarta, Kategori: Tanpa Kategori

Pada hari selasa, 16 Mei 2017 MAN 20 kedatangan tamu 2 orang guru TIK SMPN 12 Bekasi, 2 orang guru TIK MtsN 38 Jakarta, 1 orang guru TIK MTsN 15 Jakarta, 2 orang guru TIK MAN 21 Jakarta, dan 1 orang guru TIK MAN 17 Jakarta. Mereka datang dalam rangka melihat dan mempelajari sistem CBT yang berjalan di MAN 20 Jakarta. Bagi mereka MAN 20 Jakarta dapat dijadikan rujukan untuk penggunaan CBT dalam Ulangan Harian dan berbagai kegiatan evaluasi pembelajaran lainnya.

Seperti telah diketahui bahwa MAN 20 Jakarta telah menggunakan sistem CBT dalam proses evaluasi peserta didik selama 2 tahun. Dalam hal ini menggunakan salah satu aplikasi LMS (Learning Management System) yaitu Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment).

Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) merupakan salah satu aplikasi LMS (Learning Management System) berbasiskan web yang paling populer dan banyak dipakai untuk membangun aplikasi e-learning. Moodle merupakan software open-source jadi disediakan secara bebas, dapat diinstall dan dikembangkan dengan gratis.

Berdasarkan social constructionist pedagogy, cara terbaik untuk belajar adalah dari sudut pandang murid itu sendiri. Model pengajaran berorientasi objek (murid) ini berbeda dengan sistem pengajaran tradisional yang biasanya memberikan informasi atau materi yang dianggap perlu oleh pengajar untuk diberikan kepada murid. Tugas pengajar akan berubah dari sumber informasi menjadi orang yang memberikan pengaruh (influencer) dan menjadi contoh dari budaya kelas. Peran pengajar dalam sistem Moodle ini antara lain:

·         berhubungan dengan murid-murid secara perorangan untuk memahami kebutuhan belajar mereka dan;

·         memoderatori diskusi serta aktivitas yang mengarahkan murid untuk mencapai tujuan belajar dari kelas tersebut.

Moodle dirancang untuk mengurangi keterlibatan admin hingga seminimal mungkin dengan tetap mempertahankan tingkat keamanan yang ada. Selain itu, moodle turut mendukung mekanisme otentifikasi melalui modul otentifikasi yang akhirnya akan memberikan kemudahan dalam integrasi dengan system yang ada.

Beberapa kelebihan moodle, yaitu:

1.    Sederhana, efisien, kompatibel dengan banyak browser dan sistem operasi.

2.    Mudah cara instalasinya dan didukung banyak bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

3.    Tersedia manajemen situs, mengubah theme atau tampilan situs, menambah modul, dll.

4.    Tersedia manajemen pengguna.

5.    Manajemen Bahan Ajar/Mata Pelajaran. (Di dalam moodle lebih dikenal sebagai course).

6.    Bisa chating, mengisi polling, forum, blog, modul jurnal, kuis, serta masih banyak lagi.

7.    Gratis karena merupakan Open Source.

 

Kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 08.30 pagi, sampai pukul 13.30 siang. Mereka merasa senang mendapatkan wawasan tentang Moodle di MAN 20 Jakarta. Dan berharap ada pertemuan selanjutnya untuk lebih memperdalam pengetahuan tentang Moodle.


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini