Sentuh dan Rasakan Teknologi di Bekraf Habibie Festival 2018

Diposting pada: 2018-09-22, oleh : Admin MAN 20 Jakarta, Kategori: Kegiatan Siswa

Jakarta  (Humas MAN 20 Jakarta) --- Madrasah Aliyah Negeri 20 Jakarta mengirimkan 100 siswanya guna menghadiri pameran Bekraf Habibie Festival 2018 yang diprakarsai oleh PT Orbit Ventura Indonesia. Festival teknologi inovasi ini diselenggarakan sejak Kamis – Minggu, 20 – 23 September 2018 di Jiexpo Kemayoran dengan tema “Lihat, Sentuh, dan Rasakan Teknologi dan Inovasi Terbaru untuk Masa Depan Lebih Baik.”  

Memasuki tahun ketiga, Bekraf Habibie Festival ini seakan menjadi momentum berharga yang sangat dinanti oleh institusi pendidikan, MAN 20 Jakarta Timur misalnya.  Memasuki hari pertama kunjungan, prara siswa MAN 20 Jakarta tampak antusias melihat, menyentuh dan merasakan inovasi teknologi yang dihadirkan oleh stan – stan pameran yang mereka kunjungi. Mulai dari stand Bazar Inovasi, Makerland, Fin Tech the Future of Transportation, Sport Land, eksperimen sains, mobile planetarium, pameran digital startup, virtual reality, 3D printing, kriya batik & tekstil, talkshow yang dikemas secara edukatif.

Antusiasme para siswa kelas X–XI IPA/IPS,  sudah terlihat saat mereka mengujungi stan Dirgantara dan Bazar Bekraf. Para siswa bahkan terlibat mengikuti aneka games dan kuis dari salah satu stand yang mereka kunjungi. Disamping itu pula, mereka aktif bertanya dan menggali beragam informasi penting seputar inovasi teknologi di Indonesia. 

“ Kami ingin para siswa MAN 20 Jakarta Timur bisa lebih akrab dengan teknologi sebagai wujud apresiasi mereka terhadap karya-karya anak bangsa di bidang teknologi inovasi ini ” tutur Linda Agung, S.Tp, selaku guru pendamping.

Menurutnya bahwa kunjungan siswa MAN 20 Jakarta ke sebuah pameran teknologi adalah bagian dari proses coontextual learning (pembelajaran kontekstual), dimana mereka bisa melihat, menyentuh dan merasakan sentuhan inovasi tekonologi secara langsung. 

Irdha Hafiz, siswa kelas X – IPS 2 begitu antusias saat menyambangi stand Robotic.  “ Saya tertarik melihat salah satu karya teknologi siswa MAN 1 Surakarta. Salah satunya  produk “Electric Box Rubbish”,   produk tempat sampah istrik yang memanfaatkan sinar infra merah yang bisa terbuka secara otomatis saat memasukkan sampah di dalamnya” ujarnya . 

Habibie Festival adalah festival teknologi dan inovasi di Indonesia untuk merayakan dedikasi BJ Habibie kepada bangsa Indonesia  di bidang teknologi dan inovasi. Untuk mengujungi festival ini, para pengunjung tidak dipungut sedikitpun. (Firmansyah).


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini