Pramuka MAN 20 Jakarta Timur Gelar PTA dan Caban

Diposting pada: 2019-02-25, oleh : Admin MAN 20 Jakarta, Kategori: Kegiatan Siswa

Jakarta  (Humas MAN 20 Jakarta) – Gerakan Pramuka Gugus depan (Gudep) MAN 20 Jakarta Timur kembali menggelar perkemahan dalam rangka Penerimaan Tamu Ambalan ( PTA) dan Calon Bantara ( Caban) yang berlokasi di halaman MAN 20 Jakarta Timur.

Kegiatan yang diikuti oleh 101 peserta terdiri dari kelas X MIPA dan IPS berlangsung selama 2 hari, yaitu dari Jumat (22/2) hingga Sabtu (23/2) 2019.

Selama dua hari, para calon anggota Penegak diharuskan mengikuti serangkaian kegiatan PTA. Hari pertama (Jumat) kegiatan diawali oleh registrasi peserta, upacara pembukaan, materi kepramukaan (kepenegakkan), dan api unggun yang dimulai sejak pukul 17.00 – 22.30 WIB. Selanjutnya, hari kedua (Sabtu) berlanjut dengan kegiatan shalat Tahajjud dan Muhasabah,  Senam Pramuka, Apel Pagi, Uji Keanggotaan ( Pos to Pos ), Pembinaan Mental, Kerja Bakti dan Upacara Pelantikan.

Pembina Gudep MAN 20 Jakarta Timur, Hasan Basri, S.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa para calon Bantara yang telah resmi dilantik menjadi Penegak Bantara harus menjadi sosok panutan dan teladan bagi adik-adik kelasnya kelak, terutama dalam aspek kedisiplinan, tanggungjawab, dan ibadah spiritual.

Hasan Basri, melalui Pramuka, siswa diajarkan kedisiplinan, kesopanan dan kemandirian, serta keterampilan. Karena kegiatan Pramuka banyak melakukan aktivitas baik di lingkungan sekolah maupun di alam terbuka. 

"Lewat kegiatan kepramukaan ini, siswa juga diajarkan untuk mencintai lingkungan dan kepedulian antar  sesama," paparnya.

Di saat yang sama, beliau melantik  2  perwakilan Penegak Bantara, yaitu 1 orang putra (  Zaki Malik ) dan 1 orang putri.  (Malika Fatiah) sebagai Penegak Pramuka MAN 20 Jakarta Timur.  Keduanya diresmi dilantik setelah mengiku tahapan PTA dan Calon Bantara.

Kegitaan PTA dan Caban turut dihadiri pula oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Pembinan OSIS, Pembina pramuka, para pelatih dan para alumni aktifis Pramuka.

Jelang upacara penutupan, pembina Pramuka membacakan Janji Tri Satya dihadapan 101 calon penegak dan penegak bantara dan dilanjutkan dengan penyematan TKU bagi anggota Penegak Bantara. (Firmansyah).


Print BeritaPrint PDFPDF

Berita Lainnya



Tinggalkan Komentar


Nama *
Email * Tidak akan diterbitkan
Url  masukkan tanpa Http:// contoh :www.m-edukasi.web.id
Komentar *
security image
 Masukkan kode diatas
 

Ada 0 komentar untuk berita ini